Jazz

Jazz

Sabtu, 02 Januari 2010

Gus Dur Wafat. Bendera Setengah Tiang di Kantor, Hotel, Hingga Mabes Polri

Jakarta - Kepergian KH Abdurahman Wahid yang sering disapa Gus Dur membuat Indonesia berduka. Sebagai tanda berkabung, pemerintah meminta masyarakat mengibarkan bendera Merah Putih setengah tiang selama 7 hari. Dan kini, bendera setengah tiang tampak dikibarkan di kantor, hotel, hingga Mabes Polri.

Pantauan detikcom, Kamis (31/12/2009) beberapa kantor dan gedung di Jakarta sudah dipasang bendera setengah tiang. Di sepanjang Jl MT Haryono, Jakarta Timur misalnya, sang saka Merah Putih tampak sudah dikibarkan di gedung-gedung perkantoran.

Pemandangan serupa juga bisa dilihat di sepanjang Jl Soepomo dan Kapten Tendean, Jakarta Selatan.

Di Mabes Polri di Jalan Trunojoyo juga terlihat bendera sudah dipasang setengah tiang. Nampak dua bendera setengah tiang dipasang di sekitar komplek gedung. Satu di depan gedung Rupatama dan lainnya tepat di depan Museum Polri.

"Sejak tadi pagi (dipasang) untuk menghormati Gus Gusdur Wafat
Kantor, Hotel, Hingga Mabes Polri Pasang Bendera Setengah Tiang

Kepergian Abdurahman Wahid (Gusdur) membuat Indonesia berduka. Masyarakat Indonesia telah kehilangan sosok tokoh bangsa yang selalu mengusung nilai-nilai HAM dan pluralitas.

Seruan agar bangsa Indonesia berkabung pun muncul. Presiden SBY bahkan meminta agar masyarakat Indonesia melakukan hari berkabung nasional untuk mengenang Gusdur.

Pantauan detikcom, Kamis (31/12/2009) beberapa kantor dan gedung di Jakarta sudah memasang bendera setengah tiang. Seperti halnya di sepanjang Jl MT Haryono, nampak gedung-gedung perkantoran telah mengibarkan sang saka merah putih..

Pemandangan yang serupa juga bisa dilihat di sepanjang Jl Soepomo dan Kapten Tendean. Tak ketinggalan, Markas Besar Polri (Mabes Polri) juga telah mengibarkan bendera setengah tiang. Nampak, dua bendera setengah tiang dipasang di sekitar komplek gedung. Satu di depan gedung Rupatama dan lainnya tepat di depan museum polri.

"Sejak tadi pagi (dipasang), untuk menghormati Gus Dur," kata salah seorang petugas Mabes saat ditemui.

Tidak hanya kantor, gedung, atau hotel, di sejumlah tempat peribadatan juga telah dipasang bendera setengah tiang untuk menghormati meninggalnya mantan Presiden RI ke-4 tersebut.

Salah satu gereja di Jl Soepomo, Tebet, Jaksel juga sudah dipasang bendera setengah tiang. "Dari pukul 07.00 WIB sudah dipasang. Saya hanya disuruh memasang saja sama pihak gereja," ujar Samin (38), tukang bersih gereja Yesus Kristus.

Antusiasme masyarakat Ibu kota untuk melepas kepergian Gus Dur juga terasa saat iring-iringan jenazah Gus Dur dibawa menuju Bandara Halim Perdana Kusuma. Puluhan masyarakat rela berhenti sejenak dari aktivitas dan kesibukannya untuk menyaksikan jenazah Gus Dur.

Mereka berdiri tegak sembari melambaikan tangan kepada anak Gus Dur, Yenny Wahid yang kebetulan berada di mobil jenazah. Tidak jarang ibu-ibu yang tak kuat menahan kesedihan nampak berkaca-kaca. "Selamat jalan Gus Dur," kata Nini (43) sambil menatap iring-iringan jenazah Gus Dur.



http://www.detiknews.com/read/2009/12/31/111546/1269361/10/bendera-setengah-tiang-di-kantor-hotel-hingga-mabes-polri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar