Jazz

Jazz

Jumat, 25 Desember 2009

KOMPUTER SEBAGAI ALAT BANTU SISTEM INFORMASI

Penggunaan program bantu sering kali tidak menjadi perhatian orang, karena program tersebut umumnya tidak begitu populer dan sifatnya yang hanya membantu meningkatkan unjuk kerja saja.
Program bantu hanya sedikit dipergunakan untuk mereka yang terbiasa menggunakan sistem yang telah terintegrasi atau paket yang sudah memberikan kelengkapan cukup tinggi.
Program bantu dibuat orang karena masih ada beberapa kekurangan pada paket-paket terintegrasi, padahal fungsi tersebut cukup dibutuhkan dalam pengoperasiannya sehari-hari
Sebenarnya tanpa menggunakan program bantu sebuah paket aplikasi dapat berjalan mulus, dengan hadirnya program-program bantu ini, pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat selesai.

1. DASAR PEMPROSESAN DAN ARSITEKTUR KOMPUTER

DASAR PEMPROSESAN KOMPUTER

Komputer sebagai Elemen dalam Sistem Informasi
♦ Super Computer terutama digunakan untukperhitungan ilmiah
♦ Mainframe sebagai tulang punggung pengolahan di organisasi besar
♦ Mini Computer dalam banyak hal melampaui kinerja unit yang lebih besar
♦ Micro Computer sebagian besar sirkuit utamanya berbentuk silicon IC chip yg disebut Microprocessor
♦ PC adalah micro computer yang yang digunakan oleh satu orang atau mungkin beberapa orang
♦ Small Business computer adalah komputer mini/micro multiuser
♦ Laptop beratnya sekitar 4 kg
♦ Notebook beratnya sekitar 2 – 3 kg
♦ Palmtop beratnya sekitar 1.5 kg
♦ Pen Computer berkemampuan menerima input yang ditulis pada layarnya dengan pena khusus

DASAR ARSITEKTUR KOMPUTER

• Komputer pertama menggunakan magnetic drum dan magnetik core untuk penyimpanan primer
• Sejak tahun 1964 penyimpanan yang terbuat dari IC mulai menggantikan drum dan core
• Penyimpanan primer ada dalam berbagai bentuk yang memberikan beragam kemampuan dalam hal operasi dan kecepatan yaitu RAM, ROM, dan Cache Memory RAM (Random Access Memory)
• IC yang berfungsi sebagai bagian penyimpanan primer yg digunakan untuk menyimpan software & data
• RAM memungkinkan operasi baca maupun tulis
• Mempunyai sifat mudah hilang (volatile) karena isinya hilang saat daya listrik dimatikan ROM (Read Only Memory)
• Jenis khusus penyimpanan primer dapat dibaca tapi tidak dapat ditulis
• Untuk menyimpan material seperti instruksi-instruksi yang memberitahukan komputer apa yang harus dilakukannya saat dinyalakan
• Bersifat tidak mudah hilang (nonvolatile) yaitu isinya tidak terhapus saat daya listrik sistem dimatikan Cache Memory
• RAM khusus yang sangat cepat dan sangat mahal yang ditempatkan diantara RAM biasa dan processor
• Isi cache memory diperiksa oleh processor sebelum mencari instruksi program / data sdi RAM biasa
• Jika cache memory mempunyai isi yang diperlukan, pengambilan dapat dilakukan lebih cepat daripada jika RAM biasa dilibatkan

Komponen hardware dan software bersama-sama membentuk arsitektur sistem komputer. Terdapat perbedaan antara arsitektur komputer dan organisasi komputer. Arsitektur komputer mengacu pada sistem dan bagian-bagiannya yang tampak oleh user, terutama programmer, sedangkan organisasi komputer mengganbarjan bagaimana bagian-bagian komputer diatur dan dihubungkan untuk merealisasikan arsitektur komputer.
Stalling (1996) menyatakan bahwa arsitektutr komputer berkaitan dengan atribut-atribut sebuah sistem yang tampask oleh seorang programmer atau atribut-atribut yang memiliki dampak langsung pada eksekusi sebuah program.

- Unit input

Unit input bertugas untuk mengelola masukan data ke dalam komputer. Data atau arahan yang diberikan adalah dalam bentuk penulisan, bunyi, gambar, suara, isyarat, dan sebagainya. Unit input akan menukar arahan dan data yang diterima ke bentuk binary. Contoh unit input ialah keyboard, mouse, OCR (Optical Character Recognition), OMR (Optical Mark Reader), scanner, MICR (Magnetic Ink Character Recognition), light pen, touch screen, joystick, barcode, dll.

- CPU

Central processing unit adalah suatu sentral kontrol dari suatu sistem komputer. CPU mempunyai beberapa fasilitas antara lain memberi address data dan program di dalam main storage, mengambil dan memasukkan data, memproses data secara arithmatic dan logikal, melaksanakan intruksi – intruksi secara berturut – turut dan dapat merupakan penghubung antara main storage dan input atau output device.
- control section secara langsung dapat mengambil instrulsi – instruksi secara berturut-turut dan mengkoordinasi pelaksanaan instruksi , serta mengambil data dari storage.

-Unit pengendali

* mengatur dan mengendalikan alat input dan output.
* Mengambil intruksi – intruksi dari memori utama.
* Mengambil data dari memori utama.
* Mengambil data dari memori utama untuk diolah.
* Mengirim intruksi ke ALU jika ada intruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika.
* Menyimpan hasil proses ke memori utama.


- Unit penyimpanan primer

- Arithematic logical unit

ALU adalah operasi aritmatik dan logic.
Operasi Arithmatic dan logika dibagi empat kelas:
1. decimal arithmatic
2. fixed – point arithmatic
3. floating - point arithmatic
4. logic operations

* Melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit electronik yang digunakan disebut adder.
* Melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan intruksi program.
* Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakn operator logika tertentu, yaitu sama dengan , tidak sama dengan, kurang dari, kurang atau sama dengan , lebih besar dari , dan lebih besar atau sama dengan.

- Perangkat lunak
Perangkat lunak adalah program atau sekumpulan program komputer yang khusus dirancang untuk menangani fungsi tertentu. Pada umumnya istilah software menyatakan cara-cara yang menghasilkan hubungan yang lebih efisien antara manusia dan mesin komputer.
Fungsi software:
1. Mengidentifikasikan program
2. Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh peralatan komputer terkontrol.
3. Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.

-perangkat lunak sistem
Memungkinkan sebuah komputer beroperasi lebih efisien. Yang termasuk dalam kategori ini adalah program sistem operasi, sistem manajemen database, generator laporan, job accounting sistem, tambahan untuk sistem operasi, asembler, compiler, program kontrol input atau output, translator, simulator, rutin diagnostik, program bantu debug, dan flowchart.

Perangkat lunak sistem melaksanakan tugas-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pengguna untuk komputer. Perangkat lunak sistem biasanya disiapkan oleh pembuat perangkat keras (penjual atau pemasok perangkat keras sering disebut sebagai vendor) atau perusahaan yang mengkhususkan diri dalam membuat perangkat lunak (penjual atau pemasok perangkat lunak). Perangkat lunak sistem melaksanaknan tugas – tugas dasar yang diperlukan semua pemakai komputer yang berhubungan dengan perangkat keras.
Ada tiga jenis dasar perangkat lunak sistem yaitu sistem operasi (operating system), program utilitas dan penerjemah bahasa Komputer (language translator)

-perangkat lunak aplikasi

Perangkat lunak aplikasi adalah program yang dibuat oleh pemakai menggunakan bahas pemprograman untuk menyelesaikan suatu tugas khusus, yang membantu pengolaan sumber daya fisik dan konseptual perusahaan. Diperoleh dengan 2 cara, yaitu :
a) Membuat sendiri ( custom programming)
b) Membeli jadi ( preweritten package).
Aplikasi perangkat lunak meliputi berbegai jenis program yang dapat dipisahkan ke dalam kategori umum dan khusus. Program aplikasi umum melakukan pekerjaan umum pemrosesan informasi bagi pengguna akhir (end user). Contohnya Word Procesing, spreadsheet dan lain-lain. Program aplikasi khusus menyelesaikan tugas pemrosesan informasi yang mendukung fungsi atau proses bisnis tertentu.

1. Sistem operasi

Sistem operasi yang biasa dikenal dengan singkatan OS merupakan program yang memiliki fungsi srebagai penghubung antara pemakai dengan perangkat lunak dan perangkat keras. OS layaknya seperti manajer di dalam perusahaan, yaitu bertanggung jawab, mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan dari sistem komputer.
Fungsi utama sistem operasi :
1. Manajemen proses, mencakup penyiapan, penjadwalan, dan pemantauan proses pada komputer.
2. Manajemen sumber daya, berkaitan dengan pengendalian terhadap pemakaian sumber daya dalam sistem komputer yang dilakukan oleh program sistem atau program aplikasi saat tu.
3. Manajemen data, pengendalian terhadap data masukan atau keluaran, termasuk dalam hal pengalokasian dalam perangkat penyimpan sekunder maupun dalam memori utama.
Khusus di tunjukkan untuk menangani tugas tertentu.sebagai contoh untuk aplikasi bisnis, program paket payroll adalah program yang paling banyak dijual. Selain program aplikasi bisnis, ada juga yang menangani tugas tertuntu yaitu perbankan, program akuntansi, dll.

KOMPONEN – KOMPONEN SISTEM

1. Manajemen Proses

Proses adalah keadaan ketika sebauah program sedang dieksekusi. Sebuah proses membutuhkan beberapa sumber daya untuk menyelesaikan tugasnya. Sumberdaya tersebut dapat berupa CPU Time, memori, berkas-berkas dan perangkat-perangkat IO.
Sistem operasi bertangung jawab atas aktifitas yang berkaitan dengan menajemen proses seperti :
1. Pembuatan atau penghapusan proses yang dibuat oleh pengguna dan sistem proses.
2. Menunda atau melanjutkan proses
3. Menyediakan mekanisme untuk proses sinkronisasi
4. Menyediakan mekanisme untuk proses komunikasi
5. Menyediakan mekanisme untukpenanganan dead lock.

2. Manajemen Memori Utama

Memori utama atau lebih dikenal sebagai memori adalah sebuah array yang besar dari word atau byte, yang ukurannya mencapai ratusan, ribuan, atau bahkan jutaan. Setiap word atau byte mempunyai alamat tersendiri. Memori utama berfungsi sebagai tempat penyimpanan yang akses data nya digunakan oleh CPU atau perangkat I/O. Memori utama termasuk temapat penyimpanan data yang sementara (volatile). Artinya , data dapat hilang begitu sistem di matikan.
Sistem operasi bertanggung jawab atas aktifitas-aktifitas yang berkaitan dengan manajemen memori seperti :
1. Menjaga dan memelihara bagian-bagian track memori yang sedang di gunakan dan siapa yang menggunakannya.
2. Memutuskan proses-proses mana saja yang harus dipanggil ke memori jika masih ada ruang di memori.
3. Mengalokasikan dan meng-dealokasikan ruang memori sesuai kebutuhan .
3. Manajemen memori sekunder
Data yang disimpan dalam memori utama bersiafat sementara dan jumlahnya sangat sedikit oleh karena itu, untuk menyimpan keseluruhan data dan program komputer dibutuhkan secondary-storage yang bersifat permanen dan mampu menampung banyak data. Contoh secondary-storage adalah harddisk,disket,dll.
Sistem operasi bertanggung jawab atas aktfitas yang berkaitan dengan disk-management seperti :
1. Pengaturan ruang kosong (free-space management)
2. Alokasi penyimpanan
3. Penjadwalan disk

4. Manajemen sistem I/O

Sering disebut device manager. Menyediakan “device driver” yang umum sehingga operasi I/O dapat seragam (membuka,membaca,menulis,menutup). Contohnya , penggunaan menggunakan operasi yang sama untuk membaca berkas pada harddisk,CD-ROM dan floppy disk.
Komponen sistem operasi untuk sistem I/O:
1. Buffer : menampung sementara data dari atau ke perangkat I/O
2. Spooling : melakukan penjadwalan penggunaan I/O sistem supaya lebih efesien
3. Menyediakan driver untuk dapat melakukan operasi “rinci” untuk perangkat keras I/O tertentu.
Dengan demikian, sistem operasi memberikan tanggapan terhadap manajemen I/O aktifita-aktifitas sebagai berikut :
1. Sistem buffer-caching
2. Antarmuka device-driver secara umum.
3. Driver untuk device hardware tetentu.
5. Manajemen berkas atau file
Berkas adalah kumpulan informasi yang berhubungan sesuai dengan tujuan pembuat berkas tersebut. Berkas dapat mempunyai struktur yang bersifat hierarkis (dierctory,volume,dll).
Sistem informasi bertanggungjawab :
1. Pembuatan dan penghapusan berkas.
2. Pembuatan dan penghapusan direktori
3. Mendukung manipulasi berkas dan direktori.
4. Memetakan berkas ke secondary storage
5. Mem-backup berkas ke madia penyimpanan yang permanen (non-volatile)
6. Sistem proteksi
Jika sistem komputer mempunyai bebagai pengguna dan mengizinkan eksekusi bersamaan dan berbagai proses maka berbagai proses tersebut harus di proteksi terhadap satu atau beberapa aktivitas yang lain.
Proteksi ( protection) adalah beberapa mekanisme untuk mengendalikan akses program, proses, atau pengguna pada sumber daya yang ditugaskan oleh sistem komputer.
7. Jaringan
Sistem terdistribusi mengumpulkan prosesor – prosesor yang tidak berbagi memori,perangkat perifedal, atau clock. Prosesor dalam sistem dihubungkan melalui jaringan komunikasi yang dapat dikonfigurasi dalam sejumlah cara yang berbede. Perancangan jaringan komunikasi harus nmempertimbangkan message rounting dan connection strategis, dan masalah keamanan.

DEFINISI COBOL

COBOL atau Common Bussiness Oriented Language adalah bahasa pemrograman computer, yang dirancang untuk menyelesaikan persoalan bisnis dan merupakan program terstruktur.

PERKEMBANGAN COBOL

* Tahun 1958 : Pertama kali diciptakan oleh CODASYL
* Tahun 1960 : Versi COBOL – 60 , versi pertama
* Tahun 1968 : ANSI COBOL gunakan standart ANSI
* Tahun 1974 : ANSI COBOL 1974
* Tahun 1985 : ANSI COBOL 1985


MS.COBOL versi 2.2 mengikuti ANSI COBOL 1974
MS.COBOL versi 3.0 mengikuti ANSI COBOL 1985 di luncurkan tahun 1988.

Keuntungan Bahasa COBOL :

* Program dibuat dalam bahasa inggris sehingga lebih mudah dipelajari dan dibuat
* Sangat sesuai untuk pengolahan data, banyak diterapkan untuk masalah bisnis
* Struktur program COBOL jelas
* Program bersifat standar à fleksibel di komputer yang berbeda.
* COBOL menyediakan fasilitas listing program. Program ini mudah didokumentasikan dan dikembangkan.


Struktur Utama dari suatu program COBOL terdiri dari 4 DIVISI , yaitu :

* IDENTIFICATION DIVISION
* ENVIRONMENT DIVISION
* DATA DIVISION
* PROCEDURE DIVISION



Dari ke-4 divisi tersebut terdapat susunan hirarki :

* Division.
* Region.
* Section.
* Paragraph.
* Sentence/Entry.
* Statement/Clause.
* Phrase/Option.

Istilah region , sentence , statement dan phrase / option dig pada PROCEDURE DIVISION, sedangkan entry dan clause digunakan pada ke 3 divisi lainnya.

* Division Adalah bagian utama dari suatu program COBOL dan harus diawali dengan suatu judul divisi.
* Region Adalah kumpulan bagian tertentu di dalam Procedure.
* Section Adalah satu kumpulan dari paragraph atau entry.
* Paragraph adalah suatu group dari kalimat (sentences) didalam Procedure Division dan harus diawali dengan nama-paragraph atau judul paragraph.
* Entry adalah suatu yang harus dituliskan pada tempat-tempat tertentu di dalam suatu program COBOL.
* Sentence adalah suatu kumpulan dari satu atau lebih statement (pernyataan).
* Clause Adalah kumpulan dari kata (word) yang membentuk suatu arti. Clause adalah bagian dari entry.
* Statement adalah perintah pengerjaan untuk komputer.
* Phrase adalah suatu group kata yang merupakan bagian dari statement atau clause.
* Option atau Optional Adalah sesuatu yang boleh disertakan, boleh juga tidak.

Langkah Dasar
Membaca data lalu memproses data dan menghasilkan output informasi.
Ada 2 divisi yang UTAMA yaitu :
1. DATA DIVISION
Menggambarkan bentuk dan jenis dari data input serta data outputnya.

2. PROCEDURE DIVISION
Menggambarkan prosedur yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dalam bentuk dan jenis data yang ada pada DATA DIVISION dan menghasilkan hasil output informasi sesuai yang ada dalam DATA DIVISION.
Mengolah data dengan prosedur – prosedur tertentu yang ada di dalam PROCEDURE DIVISION, data yang diolah dan bentuk hasil pengolahan ada didalam DATA DIVISION.

HIGH LEVEL LANGUAGE
Orientasi masalah yang dihadapi oleh programmer atau problem oriented language.
Contoh : Pascal, Fortran, Cobol, Bahasa C, Basic

LANGKAH PEMBUATAN PROGRAM COBOL :

1. Memahami masalah yang akan di programkan
2. Menggunakan FlowChart
3. Menulis program di coding form
4. Membuat source program, extension .COB
5. Mencompile program :
Source Program à Object Program
6. Membuat Excecutable program, extension EXE.
7. EXE program dapat dijalankan.

KONSEP DASAR ORGANISASI DATA

File atau bussiness file
Adalah kumpulan dari record – record yang behubungan.
File dibedakan menjadi 2 bagian yaitu :

1. PROGRAM FILE yaitu file yang berisi program komputer.
2. DATA FILE yaitu file yang berisi kumpulan klasifikasi data secara keseluruhan.


Setiap file harus diberi nama supaya unik à file nama
Syarat – Syarat pemberian nama file :
1. Maksimum 30 karakter ( A...Z,a...z,0...9,-)
2. Minimum mengandung 1 huruf ( alphabetik )
3. Tidak boleh mengandung :
o Special karakter
o Blank / spasi
o COBOL reseved Word
4. Tanda hypen diletakkan ditengah – tengah nama. Tidak boleh diletakkan pada posisi awal atau akhir.
RECORD
Adalah kumpulan dari field atau data item yang berisi suatu informasi tertentu.
Kumpulan dari RECORD membentuk file

FIELD atau DATA ITEM
Adalah bagian terkecil dari record, yang merupakan kumpulan dari karakter – karakter yang membentuk sebuah informasi.
Data item dapat terdiri dari :
a. Numerik ( numeric ) terdiri dari 0 s/d 9, + , -
b. Alphabetik ( Alphabetic ) terdiri dari A s/d Z , spasi
c. Alphanumerik ( Alphanumeric ) terdiri dari numeric dan alphanumeric
Kumpulan data item tertentu membentuk record.
COBOL RESERVED WORD DAN USER DEFINED WORD

Cobol Reserved Word
Adalah kata yang telah didefinisikan yang mempunyai arti dan kegunaan tertentu dalam bahasa COBOL. Kata tersebut tidak boleh dipergunakan oleh programmer untuk nama-data dll kecuali dalam bentuk yang telah ditentukan oleh bahasa COBOL itu sendiri.
Contoh : ACCEPT, ADD, AND, BY, AFTER, dsb.

User Defined Word
Kata-kata yang dapat dibuat dan telah didefinisikan oleh programmer untuk : Nama-program, Nama-alat, Nama-file, Nama-record, Nama-data, Nama-indek dan nama-data-indek, Nama-kondisi, Nama-prosedure, Nama-seksi, Nama-kualifikasi.

1. Nama-program (program-name) adalah suatu nama yang diberikan untuk menunjukkan identitas dari program yang dibuat, dituliskan pada paragraph PROGRAM-ID dalam IDENTIFICATION DIVISION.
2. Nama-alat (mnemonic-name) adalah nama yang dibuat oleh programmer untuk menunjukkan suatu alat tertentu. Dibentuk pada paragraph SPECIAL-NAMES dalam ENVIRONMENTDIVISION.
3. Nama-file (file-name) adalah nama yang dibuat untuk menunjukkan suatu file tertentu yang dipergunakan dalam program. Dibentuk pada paragraph FD (File Description) dalam DATA DIVISION atau pada statement CLOSE< OPEN< READ dalam PROCEDURE DIVISION.

4. Nama-record, pada COBOL, record harus diberi nama-record (Record-name) pada DATA RECORD clause dan pada record description entry dalam DATA DIVISION.
5. Nama-data (data-name) adalah nama yang dibuat untuk menunjukkan suatu data item yang dipergunakan dalam program. Dibentuk pada FILE SECTION di record description entry dalam DATA DIVISION dan pada WORKING-STORAGE SECTION.
6. Nama-indek dan nama-data-indek, digunakan untuk data pada tabel yang di-indek. Dibentuk secara implisit dengan OCCURS dan INDEXED BY clause. Nama-data-indek didefinisikan dengan mengunakan USAGE IS INDEX dalam DATA DIVISION.
7. Nama-kondisi (condition-name) adalah nama data yang dihubungkan dengan suatu nilai tertentu. Didefinisikan dalam DATA DIVISION dengan level number 88 dan dioperasikan dalam PROCEDURE DIVISION pada statement IF.
8. Nama-prosedur (procedure-name) atau nama-paragraph (paragraph-name) adalah nama yang menunjukkan suatu paragraph dalam PROCEDURE DIVISION. Nama-paragraph diperlukan bila proses akan melompat ke paragraph tertentu dengan menggunakan statement GO TO dan PERFORM dalam PROCEDURE DIVISION.
9. Nama-seksi , pada PROCEDURE DIVISION, dapat dibuat menjadi beberapa seksi dan tiap seksi dapat dibentuk dengan dimulai judul seksinya yang disebut dengan Section-name.
10. Nama-kualifikasi bila nama-data atau nama-kondisi tidak unik (ada yang sama satu dengan yang lain), untuk menentukan yang mana yang akan digunakan, dapat digunakan qualifie

ATURAN PEMBERIAN NAMA


1. Gabungan dari huruf A-Z atau a-z, angka 0-9, Hypen (-).
2. Panjang maksimum 30 karakter.
3. Paling sedikit harus mengandung 1 huruf.
4. Tidak boleh mengandung karakter khusus kecuali hypen yang diletakkan ditengah-tengah, tidak boleh diawal atau diakhir.
5. Tidak boleh mengandung COBOL reserved word.
6. Tidak boleh ada blank atau spasi.



BENTUK DATA


DATA VARIABEL
Adalah data yang nilainya dapat berubah didalam program.
Contoh : ACCEPT jam-kerja

Statemen ACCEPT digunakan utk memasukkan nilai data ke suatu lokasi storage yg diwakili oleh suatu nama-data. Isi dari jam-kerja tergantung dari masukkan, jadi selalu berubah-ubah.

DATA KONSTANTA
Adalah data yang nilainya tidak bergantung dari input yang dibaca.
Contoh : MULTIPLY jam-kerja BY 5000 GIVING gaji-o 5000 adalah data konstanta.

Ada 3 bentuk data konstanta yg dipakai pd PROCEDURE DIVISION dalam COBOL :

1. NUMERIC

Untuk Operasi aritmatika. Aturan penggunaannya :

a. Maksimum panjang 18 digit
b.Boleh ada plus dan minus, dgn syarat letaknya pada posisi paling kiri tanpa ada spasi dgn angka pertama. Bila tidak bertanda berarti bernilai positif.
c. Boleh ada titik desimal dimana saja kecuali yg terkanan

Contoh :
BENAR SALAH
555 73.
-15.16 - 16
18260 25,5
-.80 $5

2. NON NUMERIC

Bukan untuk operasi aritmatika. Aturan penggunaannya :

a. Maksimum panjang 120 karakter
b. Boleh terdiri dari kumpulan karakter, kecuali karakter petik.
c. Harus dibatasi dengan tanda petik pada awal dan akhir.

Contoh :
BENAR SALAH
'Nilai IPS' Nilai IPS
'23-12-94' 'neraca 'IP"

3. FIGURATIVE CONSTANT

Termasuk dalam reserved words yang namanya sudah dikenal oleh compiler

Contoh : ZERO,ZEROS,ZEROES (artinya nol)
SPACE,SPACES( artinya blank / spasi)
QUOTE,QUOTES(artinya tanda petik)
ALL literal
Contoh penggunaan :

MOVE ZERO TO jumlah MOVE SPACES TO jarak
DISPLAY QUOTE 'PT AKU ' QUOTE
MOVE ALL 'A' TO HEADER

ATURAN PENULISAN SOURCE PROGRAM

Kolom yang tersedia untuk menulis program Cobol (1-80) :
Kolom 1-6 : Untuk nomor urut bila diperlukan (optional) dan nomor yang diberikan harus urut ascending.
Kolom 7 :
§ Untuk tanda hypen (-), baris sambungannya dimulai di area B.
§ Bila diisi dengan tanda *, maka baris tersebut dianggap sebagai komentar.
§ Bila diisi dengan slash (/), maka baris tersebut dianggap sebagai komentar dan akan dicetak mulai halaman baru teratas. Bila source program dicetak di printer
§ Bila diisi dengan karakter D, maka akan dianggap sebagai komentar. Tetapi bila pada Environment division dalam paragraph Source-Computer disebutkan With Debugging Mode, maka akan berguna untuk tujuan debugging.
Kolom 8-11 : Disebut area A. Tempat menuliskan semua judul divisi, judul seksi, nama paragraph, judul file description (FD), level number 01 dan level number 77 ditulis mulai kolom ke - 8.
Kolom 12-72 : Disebut area B.Tempat penulisan semua elemen program selain yang ditulis diarea A ditulis pada area B.
Kolom 73-80 : Untuk komentar atau dokumentasi program.


LEVEL NUMBER
Level number atau nomor jenjang adalah suatu nomor yang menunjukkan jenjang dari data item dalam suatu record.

Level number yang digunakan:
a. 01 Untuk mengawali keterangan dari record (record description).
b. 02 – 49 Digunakan untuk mengawali keterangan dari data item.
c. 66 Digunakan untuk RENAMES
d. 77 Digunakan untuk mengawali data item yang berdiri sendiri. Hanya boleh terdapat
pada WORKING-STORAGE SECTION.
e. 88 Digunakan untuk mengawali suatu nama kondisi.


OPERATOR ARITMATIKA
Adalah Simbol yg digunakan untuk membentuk suatu ungkapan aritmatika

Operator

Maksud

Jenjang
**

Pemangkatan

1
*

Perkalian

2
/

Pembagian

2
+

Penjumlahan

3
-

Pengurangan

3

UNGKAPAN ARITMATIKA
Adalah Kombinasi dari literal numerik , nama data, operator aritmatika dan kurung buka , kurung tutup.

Sabtu, 19 Desember 2009

21st night- tergila

F C F
Pernahkah terlintas sesaat di benakmu kau ingin aku
C F Dm G
Pernahkah gelisah merasuki hatimu kauingin hadirku
C F
Memang aneh tapi nyata bila kau dan aku jadi satu
C F
Bukan berarti tak mungkin bisa
Dm G
Kala dirimu yang aku mau ku akan mengajakmu
C
Tuk lebih jauh


Reff:

C F Em - F
Kutergila-gila kepadamu, ku tlah jatuh hati lebih jauh
G C
Itu yang kumau untuk lebih dalam
F Em - F
Kutergila-gila kepadamu, ku tlah jatuh hati lebih jauh
G
Itu yang kumau


C F
Percayalah tak ada yang tak mungkin bila hati ini tlah bicara
C F
Biarkan semua mengalir apa adanya
Dm G
Karna dirimu yang aku mau, kubiarkan diriku
C
Tuk lebih jauh


Reff:

C F Em - F
Kutergila-gila kepadamu, ku tlah jatuh hati lebih jauh
G C
Itu yang kumau untuk lebih dalam
F Em - F
Kutergila-gila kepadamu, ku tlah jatuh hati lebih jauh
G
Itu yang kumau


Bridge:

G#M7
Tak perlu lagi kita buang waktu
Dm - Em Dm - Em Dm - Em
berikanlah satu kesempatan mengisi hari demi hari
G C
dan katakan kau mau untuk lebih jauh

Cara cepat blajar gitar

1. Mengenal Jenis Musik. Pada tahap awal in, Anda hanya diharapkan dapat mengenal jenis musik terlebih dahulu. Baik itu jenis musik rock-balad, pop-balad maupun alternatif. Mengapa Balad dan alternatif, karena 2 jenis musik ini dominan menggunakan instrumen gitar dalam penyajiannya. Sehingga diharapkan anda lebih terfokus mengenal nada-nada yang dihasilkan instrumen gitar, karena berlatih dengan menggunakan lagu akan lebih cepat dibandingkan anda menghafal chord demi chord. Lagu-lagu balad yang sering digunakan oleh pemula dalam belajar gitar seperti Love of a Livetime (Fire House), Children Cry (White Lion) ataupun Love Of My Life (Extreme). Karena selain lagunya bagus, akan terdengar expert walau sebenarnya sederhana dalam memainkannya.

2. Memiliki Gitar. Memiliki gitar memang bukan merupakan hal yang wajib, namun sangat berpengaruh terhadap akselerasi Anda dalam menguasai instrumen ini. Ada beberapa jenis gitar yang perlu anda kenal yaitu : gitar nylon, string dan electric. Untuk tahap belajar, Anda lebih baik memilih gitar dengan tipe nylon, karena selain ringan dipetik, jari-jari tidak terlalu terluka (berkapal) ketika jari anda membuat chord. Gitar Nylon juga digunakan dasar untuk berlatih musik klasik, jadi bagi anda yang kemudian tertarik untuk menekuni gitar klasik, hal ini akan sangat menguntungkan

3. Mengenal Chord Dasar. Pada tahap ini, anda sudah mulai malakukan pengenalan awal teknik bermain gitar dengan mempelajari kunci-kunci dasar yang mudah diterapkan seperti Am, Em, G, C atau F. Setelah lancar menghafal dan berpindah dari satu chord ke chord yang lain, tingkatkan pemahaman chord anda dengan chord-chord lain yang lebih sulit.

4. Mengenal Memetik dan Menggenjreng. Dua jenis cara memainkan gitar ini sebaiknya anda ketahui. Menggenjreng lebih mudah dibandingkan dengan memetik. Karena memetik membutuhkan koordinasi khusus antara tangan kanan dan tangan kiri anda. Mulailah dengan petikan teratur dari atas ke bawah, bawah ke atas dan kombinasi keduanya, dengan ketentuan satu senar satu jari.

5. Mempelajari Nada Sebuah Lagu. Yang dimaksud mempelajari nada adalah mencari chord untuk nada-nada pada lagu. Hal ini berguna untuk melatih filling anda terhadap suatu nada. Mekanisme yang paling sederhana adalah dengan memutar lagu berformat mp3/mp4 dengan Jet Audio atau Winamp. Dengan tools ini musik bisa dipelankan, di-pause bahkan diputar balik, tanpa merusak pita seperti halnya kalau Anda menggunakan cassette. Untuk memudahakan pemahaman anda dalam mengenal lagu, ada Aturan dasar bakunya bahwa secara umum lagu hanya terdiri atas : Intro_01-Intro_02-Chorus-Reff-Intro_02-Chorus-Reff-Melody-Reff. Dimana masing-masing bagian memiliki kumpulan chord yang sama.

6. Mencari Guru Gitar. Guru gitar yang dimaksud dapat berupa seseorang/teman yang lebih ahli dari anda ataupun video berlatih gitar. Hal ini akan memacu anda untuk bisa seperti guru anda bahkan melebihi.

7. Tekun. Kunci dari semuanya adalah tekun. Karena Steve Vai, salah seorang dewa gitar, pernah berkata, “untuk bermain dgn sangat cepat, mulailah dgn yg sangat lambat…“. Mekanisme yang perlu Anda lakukan hanyalah berlatih Fingering atau senam jari secara teratur, berlatih berpindah chord maupun berlatih melodi.

Mengajar Renang

awal pertama mengajar renang susah-susah gampang, karena harus memiliki skill yang memadai untuk memberikan teori-teori dan khususnya praktek karna renang itu lebih penting prakteknya. kita sebagai pengajar harus memiliki ilmu psikologi pengajaran yang dapat memudahkan dalam menyampaikan materi renang yang akan diajarkan.

apalagi apabila murid yang kita ajarkan anak kecil yg takut, kita harus bisa membawa humor dan memberi dia keyakin bahwa tiadak akan terjadi apa-apa bila sang murid melakukan praktek.

awalnya harus di beri teori-teori dasar yang mendasar dan cara pertingkah laku dalam air.

salam olahraga.

TIPS PERUT SIX PACK

1. Makan 6 kali sehari
Maksud “Makan 6 kali sehari” disini yaitu memperbanyak jadwal makan yang biasa dilakukan 3 kali sehari menjadi 6 kali sehari dengan mengurangi porsi makan. Bagilah porsi makan menjadi beberapa camilan. Dan jangan lupa jaga keseimbangan energi. Berapa kalori yang dibakar oleh tubuh dan berapa kalori yang diterima tubuh. Jika keseimbangan energi berhasil dilakukan dan tidak mengalami defisit atau surplus antara 300-500 kalori setiap jam, kemungkinan besar lemak ditubuh dapat terkikis dan dapat membangun otot.

2. Minum Jus
Jus dapat menggantikan makanan besar. Selain rasanya enak, jus juga membuat tubuh menjadi sehat. Jus dapat dicampurkan dengan yoghurt. Pernah dilaporkan pria yang makan yoghurt rendah lemak 3 kali sehari mengalami penyusutan 61 persen lemak tubuh dan 81 persen lemak perut dalam 12 minggu. Segelas jus dapat mengisi seluruh ruang perut. Minumlah 2.5 liter jus, jadikan makanan pengganti.

3. Minum Air
Minum 8-10 gelas per hari memberi banyak keuntungan. Selain menggantikan cairan tubuh yang hilang, air dapat membuang sisa pemrosesan protein atau pemecahan lemak, dan juga mengangkat nutrisi ke otot dan melancarkan metabolisme. Air ini juga membantu mengurangi rasa lapar -seringkali rasa lapar hanyalah sinyal rasa haus. Air yang boleh diminum tidak hanya air putih saja. Pilihlah susu rendah lemak, teh hijau dan hindari minuman beralkohol. Minuman beralkohol dapat menurunkan kemampuan tubuh membakar lemak sampai 36 persen, memperbanyak penimbunan lemak dari makanan, menghentikan produksi hormon testosterone dan hormon pertumbuhan tubuh(kedua zat ini berguna untuk membakar lemak dan membangun otot), selain itu minuman beralkohol dapat merusak organ-organ dalam.

4. Pilihlah Makanan Yang Mendukung
Yups, makanlah makanan yang mendukung untuk membangun otot. Contohnya polong-polongan, kacang, dan telur.

* Polong-polongan (Kacang kedelai, kacang merah, kacang polong, kacang hijau)
Keunggulan : membangun otot, membantu membakar lemak, melancarkan pencernaan
Mengandung : serat, protein, asam folat, besi
Melawan : kanker kolon, penyakit jantung, hipertensi
Contoh : tahu, tempe

* Kacang (makan dengan kulit arinya)
Keunggulan : membangun otot, melawan rasa lapar
Mengandung : protein, lemak tidak jenuh tunggal, vitamin E, asam folat, serat, magnesium, fosfor
Melawan : penyakit jantung, kehilangan otot, kanker
Contoh : biji semangka (kuaci), alpukat (kacang goreng dan kacang yang telah diolah menjadi asin(kadar garam tinggi) sebaiknya dihindari)

* Telur (putih telur)
Keunggulan : membangun otot, membakar lemak
Mengandung : protein, vitamin A, dan B12
Melawan : obesitas

5. Olahraga
Selain olahraga sangat penting untuk kebugaran, olahraga juga dapat membakar lemak yang ada dalam tubuh kita. Lakukanlah olahraga minimal setengah jam dan fokuskan pada bagian perut seperti melakukan sit up.

6. Berhenti Berhitung
Menhitung kalori memang terbukti menyusutkan bobot, tetapi pekerjaan ini bisa menganggu konsentrasi dan motivasi Anda. Lebih baik Anda menggunakan waktu untuk abs diet powerfoods, yang menjadikan diet six pack itu ini begitu hebat.

7. Sekali seminggu, lupakan diet
Ini bagian yang paling menyenangkan dalam tips ini. pilihlah satu hari dari seminggu untuk dijadikan hari untuk tidak diet. Jika melakukan diet seminggu penuh, dapat kita bayangkan betapa buruknya hidup kita membiarkan makanan enak diluar sana. Makanlah sesuka hati Anda pada hari yang ditetapkan (soto, jeroan, keju).